Konser Online Menjadi Alternatif Musisi di Kala Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 menorehkan dampak yang sangat siginifikan pada semua sektor industri, termasuk industri musik. Seiring dengan adanya penerapan PSBB di daerah Indonesia, event-event musik yang biasa diisi oleh para musisi kini mulai tidak terlihat lagi batang hidungnya. Terbukti dari batalnya konser musik dari berbagai musisi, tidak hanya musisi Indonesia tapi juga musisi dunia, seperti Lauv, BTS, Khalid, (G)I-DLE, Avril Lavigne, dll.

Namun seperti membuat gebrakan baru, para musisi ini tidak kehilangan akal meski aktivitasnya harus terbatas oleh Covid-19. Alih-alih menunda atau membatalkan kegiatan konser, sebagian dari mereka melakukan inovasi baru dengan mengadakan konser online atau virtual. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari kerumunan dan demi mencegah penularan Covid-19 semakin meluas.

Seperti yang dilakukan oleh boy group asal Korea Selatan, BTS yang baru-baru ini mengadakan konser online yang bertajuk “BANG BANG CON” pada 14 Juni lalu. Mengobati rindu dengan para penggemar, konser yang ditonton lebih dari 750 ribu orang ini meraup penghasilan yang fantastis, yakni 3,02 triliun rupiah untuk konser yang berdurasi 100 menit.

Selain BTS, para musisi Indonesia juga mengadakan konser online NENO FEST: The Biggest Streaming Concert Series yang diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut pada tanggal 26, 27, dan 28 Juni lalu. Dimeriahkan oleh musisi papan atas seperti, NOAH, Tulus, Rossa, Sheryl Sheinafia, Geisha, Kunto Aji, Agatha Pricilla, Hindia, D’masiv, Nadin Amizah dan Weird Genius berhasil menghibur masyarakat meski tidak harus bertatap wajah secara langsung.

"Semoga kalian jadi merasa bahwa meskipun kalian di rumah aja kalian masih bisa bebas berkarya, bebas eksplore platform-platform baru," ucap Sheryl dikutip dari kompas.com.

Namun menjelang New Normal ini, larangan konser tampaknya akan mulai dicabut seiring dengan diterbitkannya Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Covid-19 pada 19 Juni lalu.

Protokol kesehatan ini untuk kegiatan di tempat umum yang mengundang kerumunan, seperti halnya konser musik, seminar, konferensi nasional maupun internasional, perjalanan insentif, konferensi dan pameran.

Salah satu larangan dalam penyelenggaraan konser musik adalah tidak adanya pengunjung/penonton yang berdiri. Hal ini diangggap akan sulit melakukan penerapan social distancing ditengah kerumunan yang berdiri. Tentu hal ini turut berimbas pada ditiadakannya kelas festival dan bagian lain yang memaksa pengunjung/penonton harus berdiri.

Selain menerapkan protokol kesehatan, penyelenggara diharuskan untuk membatasi jumlah pengunjung agar sesuai dengan kapasitas venue. Pengunjung/penonton juga diwajibkan untuk melakukan pendaftaran dan mengisi form self assessment Covid-19 secara online.

Meski telah diterbitkan Keputusan Menkes, namun Pemprov DKI Jakarta belum mengizinkan diadakannya kegiatan pariwisata termasuk konser musik untuk digelar di Jakarta.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI, Cucu Ahmad Kurnia. Menurutnya protokol kesehatan akan sulit diterapkan di tengah kegiatan yang dihadiri oleh banyak orang. Selain itu Cucu juga mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada titik temu antara pihaknya dengan sejumlah penyelenggara event.

Event ini memang termasuk yang secara social distancing kan sangat rawan, jadi rumusan-rumusannya juga masih cari referensi dari berbagai sumber dari luar negeri dan segala macam. Memang belum ada yang bisa memenuhi kriteria yang diharapkan," kata Cucu dikutip dari detik.com. (Haninda)

 

Sumber :

https://hot.detik.com/music/d-5062862/protokol-covid-19-dari-menkes-untuk-konser-di-indonesia

https://www.brilio.net/musik/5-fakta-neno-fest-konser-streaming-online-terbesar-200627o.html

https://www.fimela.com/news-entertainment/read/4281405/jadi-konser-virtual-termegah-bang-bang-con-bts-raih-pemasukan-fantastis

https://www.kompas.com/hype/read/2020/06/27/212717966/kenakan-piama-sheryl-sheinafia-buka-konser-neno-fest-hari-kedua


Komentar

Postingan Populer